Kamis, 28 April 2011

Sejarah Perkembangan Gitar

Sejarah Singkat Perkembangan Gitar
Gitar dimulai dengan bentuk yang sangat sederhana yang disebut Iute. Kata Iute berasal dari al’Ud (Oud) yang berasal dari bahasa Arab, dapat diartikan wood. Oud merupakan bagian dari alat music yang kala itu digunakan untuk mengiring syair-syair yang dilantunkan para pengembara.
Instrument ini kemudian diperkenalkan ke daratan Eropa melalui Spanyol pada abad ke-7. Mulailah gitar berkembang sesuai dengan betuknya yang khas, lebih harmonis. Gitar ini dikenal dengan sebutan Gitar Spanyol. Di Spanyol, gitar tumbuh dengan pesat dan sangat popular sehingga tiap penduduk seakan-akan wajib memainkannya. Teknik permainan pun berkembang mulai dari jenis Flamenco hingga klasik.
Beberapa gitaris virtuoso menjadi terkenal di Eropa, antara lain Fernando Sor (1778-1839) dan M. Carcassi (1792-1853). Sejarah gitar klasik modern berutang banyak pada gitaris Fransisco Tarega (1852-1909) yang telah mentranskrip karya-karya J.S. Bach, Mozart, dan Komposer lainnya. Pada abad ke-20, Andres Segovia (1853-1893) memberikan sumbangan besar pada kemajuan alat musik ini sebagai sebuah instrument konser.  Beberapa composer lain adalah Manuel de Falla (1870-1949), Villa Lobos (1890-1959), dan Julian Bream (1935-…).
Ketika orang-orang Eropa masuk kedaratan Amerika, gitar mulai berkembang inovatif, dengan pemakaian senar kawat baja. Gitar ini disebut gitar Folk. Kemudian, gitar folk lebih berkembang lagi hingga mencapai bentuk solid (padat) dengan pick up yang dipeloporioleh Leo Fender, terciptalah bentuk gitar elektrik dengan sebutan yang lebih popular, American Guitar.
Jika dilihat dari bentuk dan gayanya, gitar tidak berubah secara berarti seperti mobil yang terlihat lebih inovatif dan trendy. Contohnya, bentuk gitar elektrik Fender tipe Stratocaster tahun 1950 dibandingkan dengan gitar tahun 2008, nyaris sama bentuknya. Akan tetapi, gaya mobil tahun 1950 dibandingkan dengan mobil tahun 2008, terlihat perubahan yang cukup drastis.
Perubahan gitar mengarah pada teknik permainan, bukan pada bentuk. Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan seorang gitaris akan mudah menulis karyanya dengan bantuan computer dan program computer seperti Gitar Pro dan Finale dengan menggunakan gitar Music Integrated Digital Interface (MIDI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar